Perlengkapan Pendakian Gunung

Pendakian gunung merupakan kegiatan yang memiliki resiko tinggi, jadi bila tidak dipersiapkan dengan baik bisa berakibat fatal. Daftar perlengkapan atau peralatan pendakian ini bersifat fleksibel, tergantung siapa, kemana dan berapa lama pendakian dilakukan. Berikut perlengkapan standar untuk pendakian gunung :



1. Tas Carrier/Ransel
Pemilihan carrier yang tepat membuat perjalan Anda semakin mudah. Pilihlah carrier yang ringan, kuat dan nyaman dipakai. Dan usahakan carrier yang Anda bawa terbuat dari bahan yang water proof sehingga jika turun hujan tidak akan membuat carrier Anda semakin berat.

2. Tas Punggung/Daypack (Optional)
Tas punggung ini diperlukan ketika Anda melakukan summit attack, karena medan yang berat sehingga tidak memungkinkan untuk membawa tas carrier. Jika memungkinkan sebaiknya Anda membawanya namun ini hanyalah opsional.

3. Kantong Plastik
Kantong Plastik sangat wajib Anda persiapkan, terutama untuk melindungi atau membungkus barang bawaan Anda agar tidak basah ketika hujan. Meskipun tas carrier anda memiliki cover bag anti air dan lapisan tas anda juga anti air tapi saya sarankan untuk tetap melapisi barang bawaan Anda dengan kantong plastik.

4. Tas Kamera (Optional)

5. Jaket
Gunakanlah jaket yang tebal sehingga mampu untuk menahan hawa dingin pegunungan.

6. Pakaian Ganti
Bawalah pakaian ganti secukupnya karena hal ini sangat berguna bagi Anda jika pakaian yang Anda pakai basah karena hujan.

7. Jas Hujan
Jas hujan yang paling cocok dengan kondisi di gunung adalah yang tahan air dan angin, karena cuaca di gunung tidak dapat diprediksi.

8. Sarung Tangan
Berfungsi untuk melindungi tangan dari hawa dingin pegunungan.

9. Topi
Topi berguna untuk melindungi kepala dari duri dan ranting pohon, serta melindungi kepala kita dari sengatan matahari.

10. Sepatu dan Sendal
Gunakanlah yang dirancang khusus untuk mendaki gunung, usahakan memakai sepatu yang nyaman di kaki Anda agar menghindari luka ketika menggunakannya.

11. Kaos Kaki
Bawalah kaos kaki cadangan selain yang dipakai, kaos kaki sangat berguna untuk melindungi kaki dari serangan hawa dingin.

12. Sleeping Bag
Digunakan untuk menjaga panas tubuh keluar atau hilang ketika malam hari, sleeping bag juga digunakan untuk menahan dingin.

13. Matras atau Alas Tidur
Sangat dibutuhkan agar ketika kita tidur tidak langsung menyentuh tanah.

14. Headlamp atau Senter
Jika kita melakukan night trekking maka senter sangat diperlukan sebagai sumber cahaya. night trekking cukup berbahaya bagi pendaki pemula namun jika salah satu pendaki di dalam tim sudah pernah melewati jalur tersebut night trekking cukup mudah dan nyaman karena tidak terkena panasnya matahari. Tapi utamakan jalan ketika matahari masih terlihat agar jalur yang dilewati terlihat dengan jelas. Jangan lupa bawa baterai cadangan.

15. Pisau Lipat
Alat ini hanya sebagai alat bantu saja, berbeda halnya dengan pisau besar golok tebas yang digunakan untuk menyayat, memotong atau menebas ranting" yang di perlukan untuk membuat api, dll.

16. Obat-obatan
Perlengkapan P3K jangan sampai lupa dibawa karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di alam bebas.

Itu perlengkapan standar yang dibutuhkan ketika mendaki. Semoga bermanfaat

Sumber gambar

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: