3 Lokasi Menarik di Semeru

 Semeru
3 lokasi menarik yang ada di gunung semeru selalu menjadi pesona tersendiri bagi para pendaki dan pecinta alam. Jalur pendakian dengan pemandangan yang eksotis selalu menjadi idola bagi para pengunjung meski bukan seorang pendaki gunung.


Terdapat banyak lokasi menarik yang akan Anda jumpai pada saat mendaki Gunung Semeru. Dari banyak lokasi tersebut, diantaranya terdapat lokasi berikut ini :

1. Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo merupakan salah satu telaga yang terdapat di gunung Semeru, sehingga sering menjadi tempat yang menarik untuk berkemah. Ranu Kumbolo seringkali disebut sebagai surganya gunung Semeru. Karena keindahannya yang dapat dinikmati ketika pagi atau malam hari. 

Ketika pagi hari anda dapat melihat sinar mentari yang mengintip dari celah bukit yang berada di Ranu Kumbolo. Ditambah keelokkan sniar mentari yang memantul di telaga dan kabut tipis yang menambah segar pemandangan di pagi hari. 

 Ranu kumbolo di pagi hari

Malam hari nya Anda dapat menikmati keindahan langit bertabur bintang ditemani suara merdu jangkrik yang menemani kelap kelip bintang dilangit, Bulan pun seakan begitu dekat dengan cahaya nya yang berpadu dengan bintang menambah kehangatan malam di ranu kumbolo meski suhu udara disana dapat mencapai 0 derajat celcius. WOW !

 malam hari di Ranu Kumbolo

Ada dua buah jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo, yang pertama melewati Wetu Rejeng dan yang kedua melewati Bukit Ayek-ayek. Jalur yang pertama lebih banyak dipilih oleh para pendaki karena jalurnya yang relatif lebih mudah dibandingkan melewati jalur bukit ayek-ayek namun memakan waktu lebih lama. Jalur bukit ayek-ayek terasa lebih berat karena jalannya yang menanjak tapi waktu yang ditempuh relatif lebih cepat. 

2. Kalimati
Selain di Ranu Kumbolo, tempat asyik untuk berkemah adalah kalimati. Disini merupakan tempat perkemahan terakhir sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak mahameru. Sebenarnya ada satu tempat lagi untuk mendirikan tenda yaitu di Arcopodo, namun jalur menuju Arcopodo cukup sulit untuk para pendaki yang belum cukup expert jika membawa carrier.

Di tempat ini Anda akan melihat pemandangan lembah yang di kelilingi pohon cemara. Sekitar 500 meter dari Kalimati terdapat sumber mata air yang sangat berlimpah. Kebanyakan para pendaki istirahat di Kalimati dan kembali melakukan pendakian menuju puncak Mahameru saat tengah malam, berharap dapat melihat sunrise dari puncak tertinggi di pulau Jawa.



3. Puncak Mahameru
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, Pemandangan indah di puncak Mahameru membuat para pendaki selalu ingin kembali. Jika cuaca cerah, Anda akan mendapatkan lautan awan yang sangat mempesona.

 Puncak Mahameru

Seakan menambahkan pesona puncak Mahameru, Setiap 10-15 menit sekali kawah Jonggring Saloka akan menyemburkan asapnya. Namun mesti diwaspadai karena masih terdapat gas beracun seperti belerang dari arah selatan. 

Anda juga tidak perlu khawatir tersesat karena terdapat petunjuk arah yang cukup memadai, jadi pendakian pun akan lebih mudah. Saat melakukan pendakian jadilah pendaki yang cinta lingkungan dan jangan rusak alam, karena keindahan yang kalian lihat sekarang merupakan jerih payah para pendaki sebelum kalian yang menjaga keberlangsungan ekosistem dengan baik.

 Semburan Asap

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: